Rabu, 03 Februari 2016

Valentine Day is Not My Day



Halo gaes.. tau kan ini bulan apa? yap, bulan kedua di tahun 2016, Februari. Katanya sih bulan Februari itu bulannya kasih sayang, bener gak sih? Kalo menurut gue sih engga. kasih sayang kan harus setiap hari, setiap waktu, so gak cuma di bulan Februari aja, yoi gak? Dan kenapa sih cuma bulan Februari aja yang dapet predikat bulan kasih sayang? Berarti bulan lain gak ada kasih sayangnya dong? Ini yang bakalan gue bahas lebih lanjut.

Asal Usul Valentine Day

Kenapa banyak yang bilang bulan Februari adalah bulan kasih sayang? ya karena ada hari valentine dibulan ini. lLo tau valentine day? Jadi gini ceritanya.. Banyak versi cerita yang beredar mengenai asal usul Hari Valentine. Namun, pada umumnya kebanyakan orang mengetahui tentang peristiwa sejarah yang dimulai dari bangsa romawi kuno. Dahulu, pada masa romawi kuno berdiri sebuah bangsa yang bernama Romawi Paganis dimana para pengikutnya yang disebut Pagan menganut kepercayaan Paganisme yang artinya adalah sebuah kepercayaan spiritual penyembahan terhadap berhala. Pagan pada zaman kuno percaya bahwa terdapat lebih dari satu dewa dan dewi untuk disembah.

Setiap tanggal 13-15 Februari, bangsa Romawi Paganis (yang menyembah berhala) memperingati hari besar mereka yang dinamakan Lupercalia. Perayaan Lupercalia ini telah ada semenjak abad ke-4 SM, yang bertujuan untuk menghormati dewa yang bernama Lupercus, dewa kesuburan yang dilambangkan setengah (maaf) telanjang dan berpakaian kulit kambing. Perayaan dimulai dengan upacara yang dipersembahkan untuk Dewi Cinta (Queen of Feverish Love) Juno Februata. Pada hari ini. para pemuda mengundi nama-nama gadis yang ada di dalam kotak. Kemudian setiap pemuda mengambil nama secara acak dan gadis yang namanya keluar harus menjadi pasangannya selama setahun untuk senang-senang dan dijadikan obyek hiburan (Astagfirullah). Selanjutnya pada tanggal
14 Februari zama romawi kuno, dinobatkan sebagai Hari Perayaan Gereja yang disebut dengan Saint Valentine's Day. Acara ini diadakan oleh Paus Gelasius yang bertujuan untuk mendekatkan pada ajarasn Kristen. Dan juga untuk menghormati seorang Pendeta Kristen yang bernama Valentine. Disinilah asal muasal dinamakannya Valentine Day. Lalu pada tanggal 15 Februari. para pengikut bangsa paganisme meminta perlindungan kepada Dewa Lupercalia dari gangguan binatang srigala. Selama upacara ini, kaum muda mencambuk orang dengan kulit binatang dan para wanita berebut untuk dicambuk karena anggapan mereka bahwa cambukan itu akan membuat mereka menjadi lebih subur.

Valentine Dalam Islam


video

Dalam Islam tidak ada yang namanya hari kasih sayang atau valentine day. Kenapa gue bilang demikian? Seperti yang udah gue jelasin diatas bahwa asal muasal valentine day bukan berasal dari Al-Quran atapun Hadist Rasulullah. Dalam Islam kita diajarkan untuk saling menyayangi dan mencintai kepada keluarga, orang tua, saudara, sahabat, bahkan ke sesama manusia sekalipun berbeda kepercayaan. Tidak ada aturan dalam Islam untuk menyayangi manusia yang hanya menganut Agama Islam saja, tapi semua manusia wajib kita sayangi dan cintai. Prosesnya bukan hanya hari tertentu saja, tapi menyayangi dan mencintai untuk setiap hari, setiap waktu.

Seperti yang kita lihat sebelumnya dan bahkan sampai sekarang ini, para pemuda pemudi di seluruh dunia sangat menantikan hadirnya valentine day pada tanggal 14 Februari nanti. Sudah menjadi budaya anak muda, menjadi tren manusia zaman sekarang, kalo gak ngikutin tren katanya gak gaul. Apakah konteks "gaul" harus mengikuti dan merayakan yang namanya hari valentine?? Harus mengikuti perayaan yang sangat bertolak belakang dengan ajaran Islam?? Tentu saja tidak dibenarkan dalam Islam. Dalam Al-Quran banyak dijelaskan tentang bagaimana kita menyayangi dan mencintai agar hidup damai dan bahagia.

                                         وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ


"Dan di antara ayat-ayatnya ialah Dia mencipatakn untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu merasa nyaman kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu mawadah dan rahmah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kamu yang berpikir". (QS Ar-Rum: 21).



Dalam Al-Quran Surat Ar-Rum ayat 21 diatas dijelaskan bahwa kita telah diciptakan oleh Allah SWT untuk berpasang-pasangan dan berkasih sayang. Dan kasih sayang ini tidak mengikuti tanggal tertentu melainkan setiap saat agar tercipta keluarga yang sakinah mawadah warohmah dan saling menyayangi satu sama lain.



Valentine Day is Not My Day 


Banyak penjelasan mengapa kita sebagai umat muslim tidak dibenarkan mengikuti perkembangan zaman yang sanagt bertentangan dengan Islam. Salah satunya adalah hari valentine yang dirayakan oleh yahudi pada tanggal 14 Februari nanti. Kita sebagai muslim seharusnya lebih paham tentang ajaran agama kita sendiri. Mana yang dibolehkan dan mana yang diharamkan dalam Islam. Tradisi valentine yang identik dengan cokelat dan bunga adalah suatu ritual sesat yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan Islam. Allah SWT berfirman di dalam Al-Quran:


"Janganlah kamu mengikuti yang tidak ada pengetahuanmu tentangnya.Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan dimintai pertanggungjawabannya". (QS. Al Isra: 36).


Ayat Al-Quran yang lain juga mengatakan:



"Sesungguhnya Al-Quran ini memberiikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus". (QS. Al-Isra: 9)


foto instagram nurulhayatku

Di hari valentine juga identik dengan pesta-pesta, hura-hura, pergaulan bebas. Hal itu sangat bertentangan dalam ajaran agama Islam. Kita diajarkan untuk cinta damai, saling menghormati kepada sesama manusia, saling menyayangi kepada binatang, tumbuhan, dan semua makhluk ciptaan Allah SWT. Dengan menyayangi kepada sesama makhluk-Nya, semoga kita semakin mendekatkan diri, menambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Semoga kita tidak mengikuti ritual valentine yang mengatasnamakan cinta tapi bertentangan dengan kaidah Islam. Kita juga dihindarkan dari orang-orang syirik yang jauh dari pandangan Islam. Marilah kita sebagai muslim dan muslimah untuk selalu menjaga norma-norma ajaran Islam dengan cara menyayangi sesama, mencintai semua makhluk Allah agar kita termasuk orang-orang beriman yang menjadi kekasih Allah dan ditempatkan di Surga-Nya. Aamiin Ya Robbal Alamin.

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut